Jurnal Online

lihat situs sponsor
 
Jumat, 19 September 2014  
 
halaman depan »  

Jurnal Teknik Mesin ITS
http://situs.jurnal.lipi.go.id/jurnalme/

» arsip :
 

STATISTIK SINGKAT :
» online sejak : 1
» total artikel : 0
» total volume : 1
» rasio dimuat : 0%

   
» arsip lengkap, atau berdasarkan volume :
8 : 1
» formulir pengiriman naskah online
» informasi status online :
kategori :  
nomor akses :
password :
» pengingat password :
Lupa password ? Masukkan nomor akses disini untuk mendapatkan pemberitahuan password melalui surat elektronik Anda...
kategori :  
nomor akses :
» manual singkat untuk penulis dan pembaca


Selamat datang di website JURNAL TEKNIK MESIN (JTM) ITS Surabaya

Kami mengundang anda untuk bergabung dan memanfaatkan jurnal kami sebagai media disiminasi penelitian teknik mesin. JTM, yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, mencoba untuk selalu mengutamakan kualitas dalam menampilkan penelitian-penelitian terdepan bidang teknik mesin.

Segera kirimkan artikel anda ke alamat kami, dan manfaatkan jurnal ini sebagai bahan rujukan anda.




MUATAN ARTIKEL DAN SEBARAN PELANGGAN : Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian dan kajian analitis ktritis bidang teknik mesin yang belum pernah / tidak dalam pertimbangan dipublikasikan pada media lain. Lingkup bahasan bisa meliputi: konversi enersi, perpindahan panas, mekanika fluida, mekanika benda padat, otomotif, aeronautik, sistem dinamik, vibrasi, tribologi, sistem manufaktur, otomasi industri, metrologi, metalurgi, material dan topik-topik lain yang berkaitan.

Per-Januari 2006, pelanggan kami berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Dari 113 pelanggan potensial kami, 24erasal dari akademisi di luar ITS (dimana 35ya berada di luar pulau Jawa); 13 pelanggan) berasal dari industri; 16erasal dari perorangan; dan sisanya, 59berasal dari ITS.




TUJUAN : Tujuan utama JTM ini adalah mendorong proses disiminasi penelitian teknik mesin secara luas dan terstandar.




PRINSIP DAN KETENTUAN : Pertama, JTM akan selalu mengacu pada format-format jurnal yang terakreditasi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Sehingga, para penulis dihimbau agar selalu mengikuti syarat dan format artikel dalam penulisan artikelnya.

Kedua, meski berawal dari kelokalan, JTM akan selalu menjaga ketersediaan artikelnya (setidaknya 300 mengembangkan keragaman penyunting ahli, dan memperluas jangkauan disiminasinya (nasional). Hal ini memberi konsekuensi positif pada jaminan tingkat kompetisi dan mutu artikel.

Ketiga, untuk menjaga kekinian dan memperlancar disiminasi, maka penerbitan JTM dilakukan tiga kali dalam setahun (satu volume) yaitu : Januari, Mei, dan September.

Untuk menjaga kemandirian pendanaannya, JTM juga memberlakukan beberapa ketetapan, yaitu: (1) Setiap penulis wajib menjadi pelanggan (syarat cetak); (2) JTM juga akan memuat beberapa iklan di setiap edisi, sebagai sumber dana alternatif.




INFORMASI BAGI PENULIS : Dewan penyunting menerima artikel hasil penelitian, atau kajian analitis ktritis, bidang teknik mesin yang belum pernah / tidak dalam pertimbangan dipublikasikan pada penerbit lain. Sebagai bahan penilaian awal, artikel diserahkan dalam bentuk cetak / hardcopy 3 (tiga) eksemplar (direkomendasikan untuk disertai file / softcopy).

Selama 15 hari kerja, artikel ditelaah secara anonim oleh penyunting ahli dengan kriteria penilaian: orisinalitas, signifikansi, dan tata tulis. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) berdasar rekomendasi dewan penyunting. Artikel hasil revisi ini hanya akan diterima dalam bentuk file MS-Word (softcopy), mengikuti Format Cetak, selambatnya 5 (lima) hari kerja setelah surat pemberitahuan revisi.

Sebagai syarat pemuatan artikel, penulis wajib melampirkan pelunasan biaya berlangganan minimum selama satu tahun. Penulis akan menerima cetak lepas artikel sebanyak 5 (lima) copy, disamping sejumlah jurnal yang telah terbayar.

Penyuntingan cetak-coba (camera ready / preprint) dilakukan dengan / tanpa melibatkan penulis. Pemuatannya masih dapat dibatalkan jika diketahui bermasalah. Penyunting tidak berkewajiban mengembalikan artikel yang tidak dimuat. Semua korespondensi berkaitan dengan revisi, penolakan, dan kepastian pemuatan dilakukan secara tertulis.

Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan, penggunaan software komputer, orisinalitas artikel atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI, yang dilakukan oleh penulis artikel berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.




PERSYARATAN ARTIKEL (AWAL) : Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia / bahasa Inggris, pada kertas A4, satu kolom, huruf Times New Roman ukuran 11, spasi tunggal, tidak melebihi 20 halaman. Susur (margin) atas / bawah / kiri / kanan berurutan : 4,5 / 4,0 / 3,4 / 3,4 cm. Antar paragraf diberi indent first line 0,8 cm tanpa spasi ganda. Heading tanpa penomoran dengan maksimal tiga peringkat sub-heading.

Badan utama artikel hasil penelitian berisi:
(1) pendahuluan (memuat latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian);
(2) Metode;
(3) Hasil dan Pembahasan; dan
(4) Kesimpulan.

Sedangkan artikel kajian analitis ktritis meliputi:
(1) pendahuluan (memuat latar belakang, dan tujuan atau ruang lingkup);
(2) Bahasan Utama (terbagi dalam beberapa subbagian);
(3) Penutup atau Kesimpulan.

Tabel dan gambar harus diberi caption (judul/keterangan) dengan penomoran yang berutuan. Caption tabel diletakkan di atas, sedangkan gambar di bawah. Tabel dan gambar dibuat agar ukuran tidak terlalu kecil. Persamaan ditulis dalam satu kolom di tengah (center) dengan disertai penomoran berurutan yang diletakkan di kanannya. Jika persamaan terlalu panjang gunakan spliting. Usahakan penggunaan gambar dua warna (hitam-putih), dan hilangkan garis tepi.

Rujukan pustaka ditunjukkan dengan penulisan nomor rujukan seperti ini [1]. Daftar pustaka, terbatas pada sumber yang dirujuk, disusun urut kemunculan rujukan. Utamakan pustaka termuktahir (terbit 10 tahun terakhir), dan yang berasal dari sumber primer (laporan penelitian, artikel dalam jurnal / majalah ilmiah).

  Dikelola oleh PDII LIPI Hak Cipta © 2000-2014 LIPI