Jurnal Online

lihat situs sponsor
 
Rabu, 22 November 2017  
 
halaman sebelumnya »  

Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia
http://situs.jurnal.lipi.go.id/jfhfi/   -   http://jf.hfi.fisika.net

PENGEMBANGAN MODEL SOSIALISASI INOVASI DAN SUPERVISI PEMBELAJARAN FISIKA

Yoseph Paramata

IKIP Negeri Gorontalo, Jl. Jend. Sudirman 6, Gorontalo, Indonesia

Abstrak
Supervisi pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan``kualitas guru melalui pengembangan kompetensi dan``profesionalismenya, oleh karena itu supervisor juga``haruslah mereka yang memiliki kompetensi dan``profesional di bidang ilmu yang disupervisi dan``supervisi itu sendiri. Di sisi lain, inovasi-inovasi``dalam pembelajara Fisika perlu disosialisasikan kepada``guru-guru untuk tujuan tersebut. Sosialisasi inovasi``juga merupakan salah satu fungsi dari supervisi``pembelajaran. Gagasan perubahan yang bersumber dari``bawah (bottom up), komunikasi yang persuasif dan``kolaborasi antara guru dengan supervisor memegang``peranan penting dalam upaya sosialisasi inovasi yang``ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan``profesionalisme guru Fisika. Sosialisasi inovasi``melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika``sangat tepat, karena tujuan kegiatan MGMP, tujuan``inovasi pembelajaran, maupun tujuan supervisi``pembelajaran adalah untuk meningkatkan kompetensi dan``profesionalisme guru. Untuk itu diperlukan``pengembangan Model Sosialisasi Inovasi dan Supervisi``Pembelajaran (SISP) Fisika melalui MGMP. Perguruan``tinggi sebagai agen inovasi yang membina fakultas atau``jurusan keguruan dan kependidikan fisika perlu``menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di``wilayahnya dengan tujuan saling membantu dan``bekerjasama dalam meningkatkan kompetensi dan``profesionalisme guru melalui pemberdayaan MGMP.

Publikasi : Jurnal Fisika HFI Suplemen Prosiding B5 (2002) 0553 » halaman Daftar Isi
» kirim ke teman
» versi cetak
» permintaan versi cetak
Naskah lengkap : lisensi tertutup dalam format PDF (permintaan versi cetak)
Kontak : penulis
Keterangan lain : 5 hal., bahasa Indonesia » diakses 30.497 kali

  Dikelola oleh PDII LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI